Selasa, 04 Oktober 2011

Tanya Jawab (Resep Atasi Kecanduan Rokok) By dr. Agus Rahmadi

Assalam, wr, wb brooooo ...... Siank ...... Kali ini SutaDesign mau berbagi pengetahuan nih di dalam dunia kesehatan. Waktu itu SutaDesign sempat berbincang-bincang dan berdiskusi dengan dr. Agus Rahmadi (Direktur Klinik Sehat & beliau salah satu dokter ter-favorit juga disana). SutaDesign sempat berbincang & berdiskusi mengenai Resep Atasi Kecanduan Rokok yang di pertanyakan dari salah satu pengagum beliau ...... langsung saja y .... Cekidootttttttt ........


Pertanyaan :

Assalamu'alaikum wr. Wb.

Asslm ..... Dok, saudara laki-laki saya ( 28 tahun ) adalah seorang perokok berat, saat ini dia punya niat untuk berhenti, tapi kesulitan. Untuk menunjukkan kesungguhan niatnya tersebut, dia berusaha untuk menguranginya. Yang saya tanyakan :

  1. Adakah ramuan khusus untuk saudara saya tersebut ?
  2. Tolong berikan tips agar saudara saya dapat berhenti merokok dengan cepat.

Syukron.

Nama : Lathifatus sa'diyah
Alamat : Banyutengah Panceng Gresik JATIM 61156
No Telp : 08573140 ......


Jawaban :

Wassalamuallaikum wr.wb

Saudari Lathifatus yang dirahmati Allah SWT, memang kebiasaan merokok sangat sulit dihentikan, penyebabnya adalah karena kecanduan akan nikotin yang terkandung di dalam rokok tersebut.

  1. Untuk mengatasinya, cobalah mengkonsumsi buah lobak terlebih dahulu, karena buah tersebut dapat menetralisir racun rokok yang ada di dalam paru-paru, sebab lobak mengandung minyak atsiri, rafanol dan rafarin. Setelah itu konsumsi lah buah pisang karena tinggi kalium yang terkandung di dalam buah tersebut sangat baik untuk jantung, karena nikotin sangat berpengaruh terhadap kontraksi jantung. Perbanyak mengkonsumsi buah lemon, anggur, jeruk karena mengandung banyak anti oksidan yang dapat mencegah kerusakan sel.

  2. Tips agar terlepas berhenti merokok bagi para pecanndunya :
  • Pahamilah bahwa merokok merupakan salah satu cara penganiayaan anda kepada tubuh anda yang sempurna.
  • Kenalilah tentang bahaya-bahaya merokok ditinjau dari kesehatan, sosial, ekonomi, dan mulailah memikirkan untuk meninggalkannya, serta bulatkan tekad anda disertai tawakal kepada Allah SWT.
  • Buatlah satu daftar harian tentang keburukan-keburukan rokok terhadap diri anda dan kawan-kawan anda.
  • Usahakan hidup dalam suasana udara yang segar serta sibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat dan Jauhilah sebisa mungkin pergaulan anda dengan para perokok.
  • Menggosok gigi atau bersiwaklah apabila keinginan merokok anda kembali datang.
  • Meninggalkan rokok bukan perkara yang mustahil karena merokok juga merupakan kebiasaan yang bisa dirubah sebab telah banyak orang yang telah berhasil memutuskan untuk tidak merokok.
  • Bila anda ingin membeli atau mengkonsumsinya, pikirkanlah, apakah rokok itu halal atau haram? Apakah bermanfaat atau mengandung bahaya? Apakah termasuk barang yang baik atau keji? Maka anda pasti akan menjumpai jawabannya, bahwa rokok itu barang haram, berbahaya dan barang yang keji.
  • Sadarilah dampak buruknya merokok bagi perokok aktif maupun pasif, keluarga, masyarakat serta lingkungan disekitar anda. Pasti anda menyadari bahwa rokok itu sulit untuk dikatakan bukan barang haram,
  • Memohon lah kepada Allah SWT agar dimudahkannya dari anda dari jeratan rokok.

Allohu’alam bis showab. Semoga bermanfaat.

By. dr. Agus Rahmadi

3 komentar:

  1. Broooo thanks y atas infonya .....

    BalasHapus
  2. asw, klinik sehat itu lokasinya dimana ya? apakah ada websitenya, karena saya sudah mencari tapi kahawtir bukan klinik sehat yg saya cari

    BalasHapus
  3. http://www.kliniksehat.com/

    BalasHapus